Selasa, 19 Oktober 2010

Apakah kita ini mirip dengan seekor kerbau?

Posted October 14, 2010 by Mutiara in Mutiara Nasehat, Cerpen Islami
AlKisah,.Pagi yg cerah sekitar pukul 06.00.seperti biasa petani itU mengluarkan kerbau dari kndangnya untuk pergI membajak sawah.
Dari pagi hingga siang mereka asyik bekrja sama mengaduk2 lumpur sawah

Pkul 11.30,.datang istri sang petani membawa makan siang suaminya nasi bakul,ikan asin,sambel dan lalapan.
Kemudian petani itu asyik makan dgn lahapnya sementara si kerbau sahabatnya istirahat tak jauh dari nya

Tepat pukul 12.00,terdngar suara sayup2 mengudara dari kejauhan si kerbau tidak mengrti dan bertanya pada juragannya itU. . ".Hhoaa. .(suara besar kerbau)
juragan,suara apa tuch??sayup2 enak skali??"
"itU suara adzan" jawab juragan.
"adzan itU apa?"tanya kerbau
"itu seruan memanggil org islam untk sh0lat." jawab petani
"sh0lat itu apa??" TAnyanya lagi
"Sh0lat itU menymbah ALLAH SWT,Tuhan pencipta alam,org islam mlaksanakannya 5X sehari.."jwb petani
'0oh .."kata si krbau.
"AGAN,orang islam??" Tanyanya lagi,
"iya islam"kata petani itu cuek.
"AGAN suka sholat??" tanya kerbau,
sambil tersipu ia petani menjwaB "ooh.,tidak!"
"sama dgn saya dong" kata si kerbau.
Kemudian mereka meneruskan lagi kerja nya.

Jam 14.30,.mereka selesai,
Ketika sedang beres2 terdngar lagi suara lantUnan orang dari kejauhan yg enak di dengar,tetapi kali ini suaranya lain,.
"AGAN suara apa lg tuh?"tanya kerbau polos,,.
"kok beda dengan yg tadi!..?kata kerbau.
"ooh,kalau itu orang yg membaca alquran" jawab petani

"ALQURAN itU apa??" tanya kerbau.
"Kitab suci dan petUnjuk hidup umat islam!" jawab petani.
"apa AGAN suka membacnya?? Tanya kerbau.
"Kebetulan tidak! ,mana sempat! siang ini kan kerja malam cape.." jawab petani
"sama dong dengan saya" kata si kerbau lagi dengan kalem.
kemudian mereka pun pulang.

Jam 18.30,sehabis magrib dari speaker msjid dkat rumah petani itu,.Terdngar suara orang berbicra panjang lebar.

kemudian si kerbau bertanya lg.

"agan,.kalau itu suara apa??" tanya kerbau.
"Oh itu pengajian di msjid" jwb petani
"pengajian itU apa??" tanya kerbau lagi.
"oh itu orang2 yg sedang mendalami agama" jawab petani
"bagus yach gan??" celoteh kerbau.
"iya bagus,"jwb petani singkat
"agan suka dtang ke pngajian??" tanya kerbau.
"kebetulan tidak,kan setiap hari sibuk brkrja" jawab petani
"Seperti tadi dong agan sama dgn saya" kata kerbau.

Esok harinya saat si petani lahap makan siang karena lapar,si kerbau membuka perckapan lagi..

"Agan!"katanya,
"apa?" jwb petani

"walaupun binatang saya juga ciptaan tuhan rasanya saya ingin juga mengenal tuhan yg telah memberi saya jatah hidup,nafas tenaga&makan,TAPI apalah artinya saya,,saya hanya seekor kerbau.
rasanya ingin saya menyembah NYA,berterima kasih kpadaNYA BeribAdah seperti orang2 dimsjid itU,tapi mana sempat,saya kerja terus setiap hari waktu habis untuk kerja tidak ada wktu untuk mendekati tuhan untuk beribdah kepada NYA" kata kerbau panjang.

Merasa ada yg membenarkan kesibukan nya.si petani buru2 menjawab..

"SAMA DENGAN SAYA" kata petani

si kerbau pun termenung..

"`emmmhh,,ternyata banyak manusia seperti saya,
wujudnya saja manusia tetapi hakekatnya kerbau..
Tak ada bedanya seperti binatang wktu nya habis hanya untuk kerja mencari makan & uang.
Kesibukan hanyalah alasan untuk melupakan tuhan.banyak manusia memang tak tahu diri sudah mulia jadi manusia.
,. . .eeh..kesadaran nya tidak lebih dari kerbau.
The end.

(PERTANYAAN SEDERHANA,APAKAH KITA SEPERTI KERBAU SELAMA INI??)

Sumber: Kakang Prabu Siliwangi Fb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar